Minggu, 21 Desember 2014

Semester 5 - Manajemen Pengetahuan


Manajemen Pengetahuan

Manajemen Pengetahuan atau biasa disebut Knowledge Management (KM) adalah mata kuliah yang mempelajari tentang bagaimana pengelolaan pengetahuan yang kita miliki.

Materi-materi yang dibahas pada mata kuliah ini diantaranya:
  • Pengantar Manajemen Pengetahuan 
  • Siklus Manajemen Pengetahuan
  • Model Manajemen Pengetahuan
  • Penangkapan dan Kodifikasi Pengetahuan
  • Berbagi Pengetahuan
  • Penerapan Pengetahuan
  • Budaya Organisasi
  • Perangkat Manajemen Pengetahuan
  • Strategi dan Pengukuran Manajemen Pengetahuan
  • Strategi Penerapan Manajemen Pengetahuan

Materi-materi pada mata kuliah ini dapat di download  disini

Ringkasan Materinya:

Piramida Pengetahuan:
Gambar: Piramida Pengetahuan 
  • Data adalah fakta, angka, atau hal/kejadian tanpa konteks dan bersifat objektif.
  • Informasi adalah data yang telah diorganisasikan/dikelola sehingga mempunyai arti
  • Pengetahuan adalah campuran dari pengalaman, nilai, informasi, & wawasan, yang merupakan kerangka untuk memahami pengalaman dan informasi baru
  • Wisdom(Kebijaksanaan) adalah karakteristik tahapan pemikiran manusia yang ditimbulkan oleh pengertian dan pemahaman yang dalam. Seringkali, meski tidak harus, diikuti oleh pengetahuan yang banyak
Definisi KM:
Manajemen Pengetahuan adalah aktivitas individu menemukan, menangkap, membagikan dan menerapkan pengetahuan sehingga dapat ditingkatkan, menghemat biaya dan berdampak terhadap pencapaian tujuan organisasi (Fernandez, 2004). 

Interaksi Pengetahuan:
Gambar Konversi Pengetahuan

Sosialisasi: Berbagi pengetahuan secara langsung Pengetahuan tetap bersifat tacit
Eksternalisasi: Memberikan bentuk yang terlihat dari pengetahuan tacit
Kombinasi: Mengkombinasikan potongan-potongan pengetahuan explicit ke dalam bentuk baru
Internalisasi: Mengubah pengetahuan dan pengalaman yang dibagikan menjadi model mental individu sebagai basis dari pengetahuan tacitnya

Siklus KM:
Pengetahuan akan diciptakan, pengetahuan itu selanjutnya akan disimpan dalam medianya penyimpanan, pengetahuan dibagi dan disebarluaskan, akan banyak orang yang memprosesnya menjadi sebuah pengetahuan baru, pengetahuan baru ini yang selajutnya akan mengikuti siklus.


Budaya Organisasi
Budaya Organisasi (BO) Adalah pola asumsi dasar –diciptakan, ditemukan, atau dikembangkan oleh kelompok untuk belajar mengatasi masalah adaptasi eksternal dan integrasi internal- yang telah berfungsi baik dan dianggap valid untuk diajarkan kepada anggota baru sebagai jalan terbaik untuk menerima, berpikir, dan merasakan dalam kaitannya dengan masalah tersebut (Schein, 1999).

10 Langkah Strategi untuk Menerapkan Manajemen Pengetahuan dalam Organisasi
  1. Analisis infrastruktur yang ada.
  2. Mengaitkan manajemen pengetahuan dengan strategi bisnis.
  3. Mendesain infrastruktur manajemen pengetahuan.
  4. Mengaudit aset dan sistem pengetahuan yang ada.
  5. Mendesain tim manajemen pengetahuan.
  6. Menciptakan blueprint manajemen pengetahuan.
  7. Pengembangan sistem manajemen pengetahuan.
  8. Prototipe dan uji coba.
  9. Pengelola perubahan, kultur dan struktur penghargaan.
  10. Evaluasi kinerja, mengukur ROI dan perbaikan sistem manajemen pengetahuan.
Categories: ,

0 komentar:

Posting Komentar